WORKSHOP “Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) serta Lembaga Bahasa Universitas Pamulang”

Flyer Workshop

Tangerang Selatan, 11 Mei 2020 Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) berkolaborasi dengan Lembaga Bahasa Universitas Pamulang telah menyelenggarakan WORKSHOP dengan mengangkat tema “Tips dan Trik Meningkatkan nilai TOEP dan TKDA Dosen – Dosen Universitas Pamulang”.

TOEP (Test of English Proficiency) adalah tes kemahiran berbahasa Inggris, yang diselenggarakan secara daring menggunakan komputer multimedia. Tes ini mengukur kemahiran bahasa Inggris peserta yang ditunjukkan dengan skor tes mulai dari 0 (belum menjadi pengguna bahasa Inggris) sampai 100 (pengguna bahasa Inggris yang sangat mahir). Sedangkan TKDA adalah Tes Kompetensi Dasar Akademik (TKDA) yang dapat digunakan untuk keperluan sertifikasi dosen.

Para Peserta Workshop

Workshop live menggunakan aplikasi media Zoom dengan daring 120 menit dan pemateri workshop di isi oleh Sari Fitria, S.S., M.A. (Dosen Sastra Inggris Univesitas Pamulang) dan Derita Qurbani, S.Psi., M.Pd. (Dosen Manajemen Universitas Pamulang). Acara ini dihadiri 180 peserta yaitu Dosen Universitas Pamulang.

Materi Workshop

Gambar diatas merupakan pemaparan materi workshop tentang mengenal bagaimana test of English Proficiency (TOEP). Tes TOEP secara akurat mengukur tingkat kemahiran berbahasa Inggris utamanya keterampilan reseptif, yaitu keterampilan menyimak dan keterampilan memahami bacaan. Untuk keterampilan produktif (berbicara dan menulis), layanan tes diberikan sesuai dengan permintaan. Paket soal TOEP terdiri atas dua bagian:

1. Listening (50 butir) untuk mengukur keterampilan peserta dalam memahami isi berbagai jenis teks lisan berbahasa Inggris dengan berbagai topik dalam kehidupan akademik dan sosial.

2. Reading (50 butir soal) untuk mengukur keterampilan peserta dalam memahami isi berbagai jenis teks tertulis berbahasa Inggris dengan berbagai topik dalam kehidupan akademik dan sosial.

Bagian tes  Listening berlangsung selama 45-50 menit dan Reading selama 60 menit. Jadi keseluruhan waktu tes berkisar 105-110 menit.

Pemaparan materi listening

Pada Workshop ini bukan hanya materi tentang TOEP yang dibahas tetapi Beliau juga menjelaskan bagaimana strategi mengerjakan soal listening dengan cepat dan tepat.

“Satu-satunya cara agar kita bisa melewati ujian listening dengan baik adalah dengan sering berlatih. Kita bisa men-download soal-soal listening dari berbagai sumber di internet. Selain banyak berlatih soal, sebaiknya biasakan juga diri kita untuk mendengar native speaker  berbicara melalui film berbahasa Inggris dengan subtitle bahasa Inggris, lagu-lagu, atau bahkan berbicara langsung” Ujarnya.

Dengan menerapkan semua tips di atas, pastinya akan semakin lancar dan percaya diri saat mengerjakan ujian listening mendatang. Kamu juga bisa lho belajar bahasa Inggris dengan menonton langsung video belajar di youtube ataupun media social lainnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *