Virtual Coaching Clinic “Kerjasama antara Lembaga Bahasa dan Prodi Sastra Inggris Universitas Pamulang”

Kebosanan menjadi salah satu tantangan dalam proses belajar dari rumah yang dilakukan secara daring. Siapapun harus pandai menyiasati proses ini agar tetap antusias dalam belajar selama wabah Covid-19 ini. Menjawab tantangan ini, Lembaga Bahasa Universitas Pamulang yang dibantu oleh Prodi Sastra Inggris Universitas pamulang serta panitia lainnya berhasil mengadakan “Virtual Coaching Clinic” pada Kamis, 11 Juni 2020, pukul 12.30-16.30 WIB.

Pemateri acara ini adalah Dr. Rudi Hartono, S.S., M.Pd. (Pakar Penerjemah, Peneliti, dan Penulis (UNNES) dan M. Faruq Ubaidillah (works at the Center for Scientific Publication, Universitas Negeri Malang. His papers have been published in reputable internasional journals such as The Journal of AsiaTEFL (ESCI/ Scopus Q2), XLinguae Journal (Scopus Q1), Indonesian Journal of Applied Linguistics (Scopus Q2) , The New English Teacher (ACI), and Korea TESOL Journal) terbuka untuk umum. Acara dipandu oleh Laksmy Ady Kusumoriny, S.S., M.Pd. dan di moderatori oleh Ibnu Sina, SP., M.Sc. dan Sri Nitta Crissiana Wirya Atmaja, S.S., M.M. yang akan live di channel youtube Ibnu Sina.

Dihadiri sebanyak 180 peserta yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda dan juga peserta dari universitas lain di Indonesia. Sambutan mereka begitu baik. Dengan membahas bedah artikel dan bedah jurnal peserta pun sangat antusias memberikan pertanyaan tentang artikel maupun jurnal yang dibahas.

“Terkait novelty dalam penelitian, saya yang pemula ini, baru aware dengan istilah ini. Kalau boleh saya nanya, kebetulan tesis saya judulnya “The Implementation of Product-Process Approach in Teaching Writing” pas cari referensi sama sekali belum ada yang membahas kombinasi 2 approach ini, rata-rata diimplementasikan sendiri-sendiri atau di compare, sidang saya April 2016. Pas searching lagi di 2017 baru ada artikel yang mirip dengan judul “Combining Product-Process Approach in Teaching Writing”. Kebetulan saya pilih judul tesis saya karena dari beberapa artikel yang saya baca, rata-rata di conclusion/suggestion saya lupa, menyarankan untuk mengkombinasikan dua approach ini dalam mengajar writing. Pertanyaannya apakah ini disebut dengan novelty dalam penelitian? Ketika kita cari, belum ada referensi yang membahas hal serupa”. Ujar Lisa Suhayati (Salah satu peserta dalam webinar ini).

“Bisa. Asal berhasil meramu argumennya dan kekhasan topik ini dari topik – topik lainnya yang mirip”. Ujar M. Faruq Ubaidillah.

Pembicaraan yang sangat menarik mengenai dunia artikel dan jurnal yang luas membuat peserta menjadi antusias memberikan banyak pertanyaan kepada narasumber. Hal ini diharapkan dapat menambah wawasan peserta untuk mengembangkan potensi agar dapat menghasilkan jurnal Terindeks Scopus. Lembaga Bahasa berharap kerjasama dengan Prodi Sastra Inggris Universitas Pamulang dapat terus berlanjut di masa yang akan datang dalam penyelenggaraan webinar – webinar berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *