Tingkatkan Kompetensi Berbahasa Indonesia Dosen, Lembaga Bahasa Unpam Bekerjasama Dengan Kantor Bahasa Banten Kemendikbud Mengadakan Ujicoba UKBI Adaptif

Pada hari Rabu 24 Maret 2021 telah berlangsung ujicoba Uji Kompetensi Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif yang diselenggarakan kerjasama antara Lembaga Bahasa dan Kantor Bahasa Banten Kemendikbud yang dilakukan secara daring di kediaman masing-masing. Peserta UKBI berjumlah 100 orang yang terdiri dari dosen – dosen dan tenaga kependidikan Universitas Pamulang.

UKBI Adaptif merupakan tes untuk mengukur kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia yang desain ujinya disesuaikan dengan estimasi kemampuan peserta uji, mulai dari kemahiran yang terendah (marginal) hingga kemahiran yang tertinggi (istimewa).

Di dalam UKBI Adaptif, setiap peserta akan mendapatkan jumlah soal dan waktu uji yang berbeda sesuai dengan estimasi kemampuannya. Misalnya, saat peserta mengikuti Seksi I Mendengarkan, pada tahap awal peserta uji akan mengikuti satu teslet uji yang berisi lima butir soal. Jawaban peserta atas lima butir soal tersebut akan menentukan jenis teslet uji selanjutnya yang akan diterima peserta uji, apakah dilanjutkan dengan karakteristik soal yang lebih mudah, setara, atau lebih sulit.

Pada saat peserta uji berada dalam jenjang teslet yang setara secara berturut-turut selama dua kali, tes berhenti untuk peserta uji yang bersangkutan. Jumlah maksimal teslet uji yang dikerjakan peserta adalah 9 pada Seksi Mendengarkan dengan waktu maksimal sejumlah 30 menit. Setelah peserta uji selesai mengikuti Seksi Mendengarkan, secara otomatis peserta uji akan diarahkan untuk mengikuti Seksi II Merespons Kaidah. Pola sebagaimana pada Seksi I pun akan berlaku pada Seksi II. Hasil jawaban peserta uji pada teslet uji pertama akan menentukan jenis soal yang akan dikerjakan peserta uji selanjutnya. Waktu maksimal peserta uji pada Seksi ini adalah selama 20 menit dengan jumlah teslet maksimal 5 teslet. Setelah berhenti pada teslet uji tertentu pada Seksi II, peserta uji akan secara otomatis beralih ke Seksi III Membaca. Pola sebagaimana pada Seksi I dan II pun berlaku pada Seksi III. Jumlah maksimal teslet uji yang dikerjakan peserta adalah 9 teslet pada Seksi Membaca dengan waktu maksimal sejumlah 45 menit. Berikut ini contoh gambaran hasil uji saat UKBI Adaptif :

Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3
Gambar 4

Setelah peserta menyelesaikan pengujian, skor akhir tes akan muncul secara otomatisseperti contoh di atas. Sertifikat digital dapat diunduh setelah dibubuhi tanda tangan elektronik (e-sign) oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Penandatanganan tersebut dilakukan pada setiap akhir pekan. Dengan demikian, sertifikat dapat diterima otomatis setelah ditandatangani.  Sertifikat hasil uji akan dikirimkan ke pos-el peserta uji atau dapat langsung diunduh pada aplikasi setelah masuk melalui akun peserta uji masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *