TOEFL ITP Bersama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dokumentasi

#Latepost Tangerang Selatan, 09 Maret 2020 Lembaga Bahasa Unpam telah melaksanakan Tes TOEFL ITP bekerja sama dengan Lembaga Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk para Dosen Pelatih dan Pengawas TOEFL di Lembaga Bahasa Universitas Pamulang. Yang dilaksanakan di Gedung Viktor lantai 5 Universitas Pamulang. Dengan jumlah peserta 83 orang.

Di era sekarang ini kemampuan dalam berbahasa Inggris semakin dihargai, agar lebih mampu dalam menaklukkan persaingan global. Tak ayal, berbagai perusahaan, dan juga sekolah dan perguruan tinggi pun banyak yang mencantumkan syarat kemampuan bahasa Inggris.

Cara paling mudah untuk membuktikan kemampuan bahasa Inggris seseorang adalah dengan sertifikat tes bahasa Inggris seperti TOEFL. Tes TOEFL menjadi standar penilaian kemampuan bahasa Inggris yang paling umum digunakan dan dipersyaratkan. Lantas, seperti apa sih TOEFL itu?

Sebetulnya TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Ia merupakan test proficiency yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang tanpa dikaitkan secara langsung dengan proses belajar mengajar.

TOEFL ini pun ternyata juga tidak hanya ada satu jenis. Ada TOEFL IBt, TOEFL ITP, bahkan ada juga TOEFL-like. Bedanya apa? Nih, penjelasan secara singkatnya ya. Kalau TOEFL IBt adalah TOEFL Internet Based Test. Jenis TOEFL IBt ini dilakukan secara online oleh lembaga khusus, dan hasilnya bisa digunakan secara internasional.

TOEFL ITP adalah TOEFL Institutional Test Proficiency yang merupakan paper based test atau menggunakan kertas. TOEFL ITP hanya digunakan sebagai administrasi dalam suatu institusi dan hanya berlaku di dalam negara dimana tes tersebut dilakukan.

TOEFL ITP juga tidak bisa dilakukan oleh sembarang lembaga test bahasa, melainkan harus yang tersertifikasi dan diakui, sama halnya dengan TOEFL IBt. Tapi kalau di Indonesia, tempat tes resmi TOEFL ITP ini jumlahnya relatif lebih banyak ketimbang TOEFL IBt.

Nah, kalau yang namanya TOEFL Like itu adalah test yang biasanya dilakukan oleh lembaga-lembaga bahasa Inggris, yang sifatnya mirip dengan TOEFL. TOEFL jenis ini pun juga dapat digunakan untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris. Hanya saja, tidak semua perusahaan, lembaga atau institusi yang mengakui TOEFL jenis ini karena TOEFL Like ini dapat dilakukan oleh sembarang institusi bahasa Inggris.

Nah, yang akan kita bahas lebih detail kali ini adalah tentang seperti apa soal pada TOEFL ITP. Kenapa ITP yang dipilih? Karena TOEFL inilah yang paling banyak diakui oleh institusi, perusahaan, pemerintahan atau lembaga lain di Indonesia. 

Selain itu, lembaga tes tersertifikasi ITP juga cukup banyak dan dengan harga relatif lebih murah pula dibanding IBt. Kita-kira sih seperti itu.

Soal TOEFL ITP memiliki tiga komponen utama di dalam tes. Komponen atau skill yang diuji dalam TOEFL ITP yakni (1) Listening Comprehension (kemampuan mendengarkan), (2) Structure and Written Expression (struktur dan pernyataan tertulis), dan (3) Reading Comprehension (kemampuan memahami bacaan).

Untuk listening comprehension terdiri dari 50 soal dikerjakan dalam waktu 35 menit dengan rentang skor 31 – 68. Untuk structure and written expression terdiri dari 40 soal, dikerjakan dalam waktu 25 menit dengan skor 31 – 68. Untuk reading comprehension terdiri dari 50 soal dikerjakan dalam waktu 55 menit dengan skor 31-67.

Jadi, rentang nilai untuk TOEFL ITP ini adalah 310 sampai 677. Jika kamu betul semua, nilai kamu 677 ya? Wah, luar biasa kalau bisa dapet 677. Nilai TOEFL ITP yang sudah dianggap bagus sih sekitar 450. Tapi, kalau ingin dianggap cukup ahli, maka nilai TOEFL setidaknya di atas 500.

Tes TOEFL ITP telah dilaksanakan di Lembaga Bahasa Universitas Pamulang dengan jumlah peserta 83 orang dan yang telah mencapai score minimal 500 sebanyak 46 orang dari hasil test TOEFL ITP ini. Demikian hasil dari Test ini cukup signifikan dengan bukti ada sejumlah peningkatan hasil score dibandingkan dengan test yang telah diadakan pada waktu sebelumnya dengan tanpa pelatihan (hasil test sebelumnya ada dilaporan hasil test dalam berkas lainnya).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *