The 3rd Virtual Coaching Clinic

Dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian dosen dan mahasiswa. Lembaga Bahasa Universitas Pamulang mengadakan WEBINAR atau Seminar Berbasis Web dengan mengangkat Tema Webinar “Kiat Cermat Menjadi Peneliti Kualitatif Hebat (Mencari Data, Mengolah, dan Menampilkan Data Penelitian Kualitatif) & Analisis Data dan Display Data Qualitative” yang dilaksanakan pada Sabtu, 18 Juli 2020. Pukul 09.00 s.d 11.00 WIB & 11.00 s.d 13.00 WIB.

The 3rd Virtual Coaching Clinic yang dilakukan Lembaga Bahasa menghadirkan para pakar di bidangnya masing-masing terkait tema yang diusung antara lain Bapak Prof. Dr. RudiHartono, S.S., M.Pd. Pakar Penerjemahan, Peneliti, dan Penulis (UNNES) dan Bapak Urip Sulistiyo, Ph.D (Praktisi Penelitian Kualitatif bidang sosial dan Pendidikan dan Editor in Chief International Journal of Language Teaching and Education) . Webinar ini sangat menarik minat berbagai kalangan dilihat dari besarnya atensi (calon) peserta yang mendaftar pada webinar sebelumnya.

Opening Remarks The 3rd Virtual Coaching Clinic Bapak Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. Beliau adalah Rektor Universitas Pamulang dan di host oleh Ibu Laksmy Ady Kusumoriny, S.S., M.Pd. (Dosen Universitas Pamulang & Divisi Pelatihan Lembaga Bahasa Unpam)

The 3rd Virtual Coaching Clinic  di Moderatori oleh Bapak Ibnu Sina, SP., M.Sc. (Dosen Universitas Pamulang) dan Ibu Sri Nitta Crissiana Wirya Atmaja, S.S., M.M. (Dosen Universitas Pamulang & Sekretaris Lembaga Bahasa Unpam)

Gambar 1
Foto peserta Webinar

Peserta  The 3rd Virtual Coaching Clinic  ini memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda dan juga peserta dari universitas lain di Indonesia. Sambutan mereka begitu baik. Dengan membahas Penelitian Kualitatif Hebat & Analisis Data dan Display Data Qualitative peserta pun sangat antusias memberikan pertanyaan tentang Penelitian Kualitatif Hebat & Analisis Data dan Display Data Qualitative yang dibahas dalam webinar ini .

Gambar 2
Foto Peserta Webinar

Pada saat webinar sedang berlangsung banyak sekali peserta yang memberikan pertanyaan kepada Bapak Prof. Dr. Rudi Hartono, S.S., M.Pd. Berikut salah satunya:

“Prof…untuk situasi sekarang dimana belajar banyak dengan daring, sahkah kalau untuk observasi kita lakukan dengan daring juga? observasi kelas daring dengan gabung juga member di Kelas tersebut.” Ujar Hustarna (Salah satu peserta dalam webinar ini)

“Observasi bisa dengan daring tetapi data dan informasi yang kita terima sangat terbatas, kita hanya melihat situasi dari layar saja, tapi lewat daring mungkin kita lebih cepat memperoleh data baik itu dari angket maupun dari wawancara. Tetapi nanti bisa dilaporkan apa adanya sesuai hasil observasi online.” Ujar Bapak Prof. Dr. Rudi Hartono, S.S., M.Pd. (Narasumber Pertama dalam webinar ini)

Bapak Urip Sulistiyo, Ph.D (Narasumber kedua dalam webinar ini) juga menyampaikan Dalam penelitian kualitatif wajib hukumnya menggunakan sumber data yg beragam (Observasi, Interview/FGD, Dokumen analysis, Visual dan Textual artifak. Triangulasi harus dilakukan karena itu cara utk memastikan data kita sahih atau valid dalam istilah kualitatif, triangulasi bisa berupa triangulasi sumber ( menggunakan satu instrumen misal Interview) untuk partisipan yg berbeda misal untuk melihat performa gur di dalam kelas kita bisa melakukan interview dengan guru, kepala sekolah, siswa, dan kolega guru yg jadi partisipan. Triangulasi sumber ini wajib dilakukan karena tanpa triangulasi data penelitian kualitatif bisa menjadi sekedar gossip tanpa bisa dikonfirmasi kebenarannya, Triangulasi teknik, dalam satu topik penelitian ttg pelaksanaan PPL misalnya selain kita melakukan interview, kita juga bsa melakukan observasi kelas, analisi dokumen RPP dan kurikulum dan lain-lain.

Diakhir webinar ini para peserta memberikan respon yang sangat baik dengan memberi komentar seperti “Webinar ini paling bagus dari antara semua yg pernah saya ikuti. Bahkan pembicara sangat sangat sangat berusaha untuk menghargai semua pertanyaan. Dijawab semua dan peserta diberikan begitu banyak referensi.” Ujar salah satu peserta dalam webinar ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *