The 2nd Virtual Coaching Clinic

Virtual Coaching Clinic yang diadakan dua minggu sebelumnya mendapat antusiasme yang tinggi dari para peserta. Atas dasar inilah Lembaga Bahasa mengadakan lanjutan Virtual Coaching Clinic part 2 dengan pembicara yang sama.

Lembaga Bahasa Universitas Pamulang mengadakan WEBINAR atau Seminar Berbasis Web dengan mengangkat tema “Strategi Menulis Artikel Jurnal Internasional  Bereputasi untuk Meraih Guru Besar & Menulis riset cerita (narrative inquiry)”. Webinar yang kali kedua dilakukan Lembaga Bahasa ini menghadirkan para pakar di bidangnya masing-masing terkait tema yang diusung antara lain: Prof. Dr. Rudi Hartono, S.S., M.Pd. selaku Pakar Penerjemahan, Peneliti, dan Penulis (UNNES), kemudian M. Faruq Ubaidillah selaku works at the Center for Scientific Publication, Universitas Negeri Malang. His papers have been published in reputable international journals such as The Journal of AsiaTEFL (ESCI/ Scopus Q2), XLinguae Journal (Scopus Q1), Indonesian Journal of Applied Linguistics (Scopus Q2), The New English Teacher (ACI), and Korea TESOL Journal. Webinar ini menarik minat berbagai kalangan dilihat dari besarnya atensi (calon) peserta yang mendaftar untuk mengikuti webinar ini.

Gambar 1. Wakil Rektor 2 Universitas Pamulang Memberikan Sambutan & Membuka Kegiatan Webinar 

Dr. Subarto, M.Pd. selaku Wakil Rektor 2 Universitas Pamulang membuka kegiatan webinar ini. Dalam sambutannya dikatakan bahwa Universitas Pamulang mengapresiasi setinggi-tingginya kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga apa yg disampaikan guru kita bisa menambah wawasan kita sebagai seorang dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi kita dengan hasil karya yg kita publish bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Gambar 2. Ibu Laksmy Kusumoriny menyapa para nasumber & peserta dalam webinar

Selain itu tidak lupa Laksmy Kusumoriny, S.S., M.Pd  selaku MC dalam webinar menyapa para narasumber dan para peserta dari berbagai wilayah se-Indonesia yang sudah tergabung di ruang zoom. Harapannya webinar ini dapat memberikan materi yang bermanfaat untuk para dosen dan mahasiswa yang mengikuti acara ini.

Gambar 3. Foto Para Peserta
Gambar 4. Foto Para Peserta

Berbeda dengan yang pertama, para peserta pada The 2nd Virtual Coaching Clinic kali ini jauh lebih beragam dengan Jumlah peserta yang sudah mendaftar webinar sampai H sebanyak 199 orang. Mereka tidak hanya dosen ataupun mahasiswa aktif. Ada juga yang merupakan peneliti dan guru TK. Adapun afiliasi para peserta sebagai berikut:

  1. BRPBAP3 KKP
  2. BPSDM Riau Universitas Fajar
  3. BRSDMKP KKP
  4. IAIN Kebumen
  5. IAKN Manado
  6. IAIN Takeon
  7. IAIN Bukit Tinggi
  8. IKIP Siliwangi
  9. JTRR Poltekkes Semarang
  10. MEP UGM
  11. UIN Sumatera Utara
  12. UHAMKA
  13. UNP Veteran Jatim
  14. Poltekkes Bhakti Setya Indonesia
  15. Politeknik Negeri Medan
  16. Politeknik Negeri Padang
  17. PTKI Medan
  18. Poltekkes Kemenkes Semarang
  19. Uniska MAB Banjarmasin
  20. Universitas Brawijaya
  21. Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarm
  22. Universitas Diponegoro
  23. Universitas Galuh Ciamis
  24. Universitas Halu Elo
  25. Universitas Lancang Kuning
  26. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  27. Universitas Islam Jember
  28. Universitas Islam Malang
  29. Universitas Jambi
  30. Universitas Majalengka
  31. Universitas Muria Kudus
  32. Universitas Muhammadiyah Purworejo
  33. Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  34. Universitas Muhammadiya Makassar
  35. Universitas Negri Semarang
  36. Universitas Negeri Malang
  37. Universitas Negeri Padang
  38. Universitas Negeri Gorontalo
  39. Universitas PGRI Bhineka Tulungagung
  40. Universitas Pakuan
  41. Universitas Palangkaraya
  42. Universitas Pamulang
  43. Universitas Pasir Pengaraian
  44. Universitas Tadulako
  45. Universitas Tanjung Pura
  46. Unika Widya Mandala Surabaya
  47. SMK Negeri Tutur
  48. STAIN Sultan Abdurrahman Kepri
  49. STIE Pelita Nusantara – Semarang TK AL WA’YI
  50. STKIP PGRI LUBUK LINGGAU
  51. STKIP Muhammadiyah Bogor
  52. STMIK Subang
  53. STTKD Yogyakarta
  54. Telkom University
Gambar 5. Pak Ibnu Sina Sebagai Moderator dalam Webinar ini

The 2nd Virtual Coaching Clinic kali ini dimoderatori oleh Ibnu Sina, S.P., M.sc.

Gambar 6. Narasumber pertama Prof. Dr. Rudi Hartono, S.S., M.Pd.
Gambar 7. Narasumber Kedua M. Faruq Ubaidillah

Dua pembicara yang dihadirkan sama dengan kegiatan sebelumnya. Prof. Dr. Rudi Hartono, S.S., M.Pd. tampil dengan topik “Strategi Menulis Artikel Jurnal Internasional Bereputasi untuk Meraih Guru Besar”. Sebagai dosen yang telah meraih jabatan fungsional tertinggi, Prof. Rudi telah berhasil membagi pengalamannya serta berbagai tips untuk meraih Guru Besar. Hal ini juga semakin disempurnakan oleh presentasi dari pembicara kedua, M. Faruq Abduillah, yang menyampaikan materi tentang “Menulis Riset Cerita”. Dalam presentasinya, masing-masing presentasi juga melibatkan sesi Tanya-jawab yang memperkaya pengetahuan para peserta tentang topik yang telah disampaikan.

Hampir semua peserta menilai materi yang disampaikan ‘sangat menarik’. Jawaban yang sama juga diperoleh ketika para peserta ditanyakan tentang penjelasan serta interaksi masing-masing pembicara, baik Prof. Rudi maupun Pak Faruq. Mereka menilai kedua pembicara telah berhasil membawakan materi dengan baik. Hampir semua peserta menganggap mereka ‘sangat menarik’ dalam mempresentasikan topik serta dalam menjawab pertanyaan para peserta.

The 2nd Virtual Coaching Clinic telah memberikan wawasan baru bagi banyak peserta, khususnya bagi mereka yang ingin karyanya terbit di jurnal bereputasi internasional dan menembus scopus. Semua peserta menjawab bahwa acara ini perlu memiliki kelanjutan. Mereka tampaknya belum terlalu puas dan ingin menggali lebih dalam topik-topik yang telah disampaikan. Mereka berharap dengan adanya lanjutan acara ini. Lanjutan acara ini tentu tidak hanya akan menjawab rasa penasaran, namun juga menambah wawasan baru bagi mereka. Semoga paparan hasil acara ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mempersiapkan seminar, workshop, ataupun pelatihan yang lebih baik kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *