RAPAT PEMBAHASAN KERJASAMA LEMBAGA BAHASA UNIVERSITAS PAMULANG DENGAN PUSAT PENGEMBANGAN BAHASA UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Pada hari Rabu 19 Agustus 2020, pukul 10.00 s/d 13.00 Lembaga Bahasa Unpam dan FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta melaksanakan rapat di Ruang Rapat Biro AAKK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan tema pembahasan kerjasama LB UNPAM dengan PPB UIN Syarif  Hidayatullah Jakarta.

Rapat dihadiri Prof. Dr. Andi M. Faisal Bakti, MA (Warek 4 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Drs. H. Khoirudin, MM. (Kepala Biro Bidang AAKK), Siti Nurul Azkiyah, Ph.D (Kepala PPB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Tito Dimas Atmawijaya, S.Pd., M.Hum (Ketua Lembaga Bahasa Unpam), Laksmy Ady Kusumoriny, S.S., M.Pd (Koordinator Divisi Pelatihan dan Pengembangan  LB Unpam), Nahoras Bona Simarmata, S.S., M.Hum (Wakil Koordinator Divisi Pelatihan dan Pengembangan  LB Unpam), Bambang Irawan, S.S., M.Pd (Perwakilan Warek 4 Universitas Pamulang), Kepala SPI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kepala PPBUIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kepala Bagian Aklap UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kepala Bagian Perencanaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kepala Bagian Kerjasama dan Kelembagaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kasubbag Kerjasama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kasubbag Pengembangan Lembaga UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Staf Bagian Kerjasama dan Kelembagaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Staf PPB.

Rapat dibuka oleh Warek 4 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Warek 4 mengucapkan terima kasih untuk kedatangan tim dari Lembaga Bahasa Unpam dan dalam pembukaan rapat tersebut beliau menyampaikan beberapa hal yaitu:

a. MoU yang sudah ditandatangani oleh PPB UIN dan Lembaga Bahasa Unpam harus ditindaklanjuti agar menjadi kerja sama yang nyata.

b. Rapat ini merupakan salah satu bentuk tindaklanjut dari MoU yang sudah ditandatangani tersebut.

c. Warek 4 juga berharap agar kerjasama dengan Unpam yang berhubungan dengan LMS yang dikembangkan Unpam dapat segera ditindaklanjuti.

d. Selain itu, Warek 4 juga berharap agar rencana kerjasama terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) juga bisa terlaksana.

e. UIN dan Unpam juga melaksanakan kegiatan kerjasama terkait pendidikan S3 untuk dosen-dosen Unpam.

f. Warek 4 berharap agar kerjasama antara UIN dan Unpam dapat terus berlanjut dan menghasilkan kegiatan-kegiatan yang bagus baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Setelah rapat dibuka oleh Warek 4 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dilanjutkan dengan sambutan Kepala Biro Bidang AAK. Beliau menyampaikan beberapa hal yaitu:

a. PPB mempunyai peran yang penting di UIN begitupun dengan Lembaga Bahasa Unpam yang tentunya juga memiliki peran yang penting dan strategis.

b. Selama ini UIN hanya mengandalkan fasilitas yang tersedia di UIN saja sehingga perlu untuk melakukan kerjasama dengan pihak lain salah satunya dengan Unpam.

c. Lab bahasa harus didukung dengan teknologi terbaru yang mampu mendukung pembelajaran secara daring.

d. Kepala Biro Bidang AAKK mendukung penuh kerjasama antara PPB UIN dan Lembaga Bahasa Unpam.

Sambutan kedua disampaikan oleh ketua Lembaga Bahasa Unpam dalam sambutan tersebut beliau menyampaikan beberapa hal yaitu:

a. Lembaga Bahasa Unpam sebetulnya sudah melaksanakan kerjasama dengan PPB UIN dalam bentuk pelatihan dan tes TOEFL untuk para pelatih Lembaga Bahasa Unpam.

b. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelatih Lembaga Bahasa Unpam.

c. Lembaga Bahasa Unpam sudah melaksanakan pelatihan dan tes TOEFL secara daring.

Gambar 2
Dokumentasi foto pada saat rapat berlangsung

Dalam rapat tersebut membahas beberapa hal yaitu:

a. Logo yang digunakan di dalam MoA adalah logo Unpam dan logo UIN karena MoA ini merupakan turunan dari MoU yang sudah ditandatangani sebelumnya.

b. Tujuan perjanjian kerjasama yaitu pemberian layanan pengembangan dan pengukuran kemampuan bahasa kepada dosen atau instruktur di Lembaga Bahasa Unpam.

c. Ruang lingkup kerjasama yaitu program pelatihan, workshop, dan pengukuran kemampuan bahasa.

d. Jangka waktu kerjasama yang disepakati adalah selama 4 tahun.

e. Tarif yang ditawarkan oleh PPB UIN kepada Lembaga Bahasa Unpam harus sesuai dengan Standar Biaya Masukan (SBM) UIN dan peraturan menteri keuangan.

f. Lembaga Bahasa Unpam berhak melakukan negosiasi terhadap tarif yang diberikan oleh PPB UIN.

Gambar 3
Dokumentasi foto bersama

Rapat ditutup Kepala Biro AAKK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Beliau mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah hadir dalam rapat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *