Kunjungan Lembaga Bahasa Universitas Pamulang ke Balai Bahasa Banten

Pada Hari kamis 9 Juli 2020 Lembaga Bahasa Universitas Pamulang melakukan kunjungan ke Balai Bahasa Banten untuk kerjasama dengan Balai Bahasa Banten dalam konservasi Bahasa Lampung Cikoneng Anyer – Banten Jawa Barat.

Keberadaan orang-orang Lampung di Desa Cikoneng, Serang, Banten, memiliki sejarah panjang. Cerita keberadaan mereka secara turun temurun diwariskan hingga ke anak-cucu. Desa Cikoneng masuk ke dalam Kecamatan Anyar, sebuah kawasan wisata yang setiap akhir pekan ramai dikunjungi para pelancong. Namun, ada sekelumit cerita mengenai keberadaan orang-orang Lampung di Cikoneng.

Di tugu perbatasan antara Desa Cikoneng dan Desa Anyar, terdapat siger, sebuah lambang yang menandakan keberadaan orang-orang Lampung di sana. Pada siger itu terdapat tulisan Lampung Sai yang menurut keterangan Kepala Desa Cikoneng Nurwahdini adalah sebuah nama yang mengikat dan mempersatukan seluruh suku Lampung yang ada di Cikoneng.

Wawancara dengan Sesepuh Kampung Cikoneng

Dalam foto tersebut Pak Furqon sebagai sesepuh penutur bahasa banten yang menjadi narasumber, dimana beliau banyak mengetahui tentang sejarah serta bahasa LAMPUNG CIKONENG yang banyak mengetahui tentang budaya sejarah serta bahasa LAMPUNG CIKONENG. Dalam kunjungan ini Lembaga Bahasa Universitas Pamulang mengharapkan akan bekerja sama lebih lanjut dengan Balai Bahasa Banten dimana akan dilakukan kunjungan-kunjungan berikutnya untuk mengumpulkan data.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *