Edukasi Bahasa dan Hukum bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional serta Penandatangan dan Penyerahan MOA di Gedung Max

Tangerang selatan, 12 s.d. 13 April 2021 Tim Lembaga Bahasa Universitas Pamulang menghadiri  acara Edukasi Bahasa dan Hukum bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional  yang diadakan oleh Kantor Lembaga Bahasa Banten. Acara ini di hadiri oleh Bpk. Dr. Ramdon Dasuki, Lc., M.A. (Dekan Fakultas Sastra), Bpk. Tito Dimas A, S.Pd., M.Hum. (Ketua Lembaga Bahasa), Tim Lembaha Bahasa Unpam dan dari berbagai Instansi lainnya. Acara di mulai pukul 08.30 WIB s.d. 15.00 WIB.

Gambar 1
Pembukaan Acara oleh Ibu Wuri Dian Trisnasari, S.S., M.Pd. selaku Ketua Pelaksana

Acara dibuka oleh Ibu Wuri Dian Trisnasari, S.S., M.Pd.  selaku Ketua Pelaksana acara Edukasi Bahasa dan Hukum bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional  yang diadakan oleh Kantor Lembaga Bahasa Banten. Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyerahan MoA.

Gambar 2
Penandatangan MoA oleh Bpk. Dr. Ramdon Dasuki, Lc., M.A. selaku Dekan Fakultas Sastra Universitas Pamulang
Gambar 3
Penyerahan MoA oleh Ketua Pelaksana Ibu Wuri Dian Trisnasari, S.S., M.Pd.  kepada Bpk. Dr. Ramdon Dasuki, Lc., M.A. selaku Dekan Fakultas Sastra Universitas Pamulang
Gambar 4
Penandatangan MoA oleh Bpk. Tito Dimas A, S.Pd., M.Hum. selaku Ketua Lembaga Bahasa Universitas Pamulang
Gambar 5
Penyerahan MoA oleh Ketua Pelaksana Ibu Wuri Dian Trisnasari, S.S., M.Pd. kepada Bpk. Tito Dimas A, S.Pd., M.Hum. selaku Ketua Lembaga Bahasa Universitas Pamulang
Gambar 6
Foto bersama setelah Penandatangan dan Penyerahan MoA

Setelah Penandatangan dan Penyerahan MoA selesai. Acara ini di lanjut dengan pemaparan materi oleh Bpk. Dr. Arie Andrasyah Isa, S.S., M.Hum. dari Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Selaku pembawa materi pertama di hari Senin, 12 April 2021.

Gambar 7
Pemaparan materi oleh Bpk. Dr. Arie Andrasyah Isa, S.S., M.Hum. dari Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gambar 8
Materi yang dipaparkan oleh Bpk. Dr. Arie Andrasyah Isa, S.S., M.Hum
.

Beliau memaparkan materi tentang Memaknai Alat Bukti Dengan Analisis Kebahasaan Dan Teori Kebahasaan Dalam Kasus Sengketa Bahasa (Forensic Linguistics). Saat beliau memaparkan materi seluruh peserta sangat antusias dalam menyimak materi tersebut.

Setelah materi pertama selesai, dilanjutkan dengan materi ke dua yang dibawakan oleh Bpk. Akhmad Syaefullah, S.H. selaku Kepala Bagian Perundang-undangan Provinsi Biro Hukum Setda Provinsi Banten.

Gambar 9
Pemaparan materi oleh Bpk. Akhmad Syaefullah, S.H. selaku Kepala Bagian Perundang-undangan Provinsi Biro Hukum Setda Provinsi Banten
Gambar 10
Materi yang dipaparkan oleh beliau yaitu Penggunaan Bahasa Pada Penyusunan Peraturan Daerah Di Provinsi Banten

Itulah rangkaian acara pada hari senin 12 April 2021 yang di akhiri dengan materi beliau dan sesi tanya jawab dengan narasumber.

Hari kedua pada tanggal 13 April 2021 acara di mulai pukul 08.30 WIB s.d. 15.00    WIB. Acara ini di mulai oleh pemaparan materi oleh pembicara pertama yaitu Kompol Agung Kristiyono, ST, M.M. dari Pusat Laboratorium Forensik Bareskrim Polri. Beliau memaparkan materi tentang PERAN LABFOR PROSES SIDIK TP.

Gambar 11
Pemaparan materi oleh Bpk. Kompol Agung Kristiyono, ST, M.M. dari Pusat Laboratorium Forensik Bareskrim Polri
Gambar 12
Materi yang dibawakan oleh Bpk. Kompol Agung Kristiyono, ST, M.M. dari Pusat Laboratorium Forensik Bareskrim Polri

Materi kedua dipaparkan oleh Bpk. Abdul Gaffar Ruskhan selaku Dosen UNTAR. Beliau membawakan materi tentang Bahasa Indonesia Ragam Hukum.

Gambar 13
Pemaparan materi oleh Bpk. Abdul Gaffar Ruskhan selaku Dosen UNTAR
Gambar 14
Materi yang dipaparkan oleh Bpk. Abdul Gaffar Ruskhan selaku Dosen UNTAR

Untuk sesi terakhir diakhiri dengan Bpk. Halimi Hadibrata, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten dengan memaparkan tentang Sosialisasi Program Layanan Kantor Bahasa Provinsi Banten: Ahli Bahasa Dan Hukum.

Beliau menjelaskan salah satu Tugas dan Fungsi Badan Bahasa :

Tugas Badan Bahasa yaitu Melaksanakan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan di bidang bahasa dan sastra.

Fungsi Badan Bahasa yaitu :

  1. Penyusunan kebijakan teknis pengembangan, pembinaan, dan pelindungan di bidang bahasa dan sastra Indonesia
  2. Pelaksanaan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan di bidang bahasa dan sastra Indonesia Dasar Hukum Fungsi
  3. Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan di bidang bahasa dan sastra Indonesia
  4. Pelaksanaan administrasi Badan
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Menteri

Itulah rangkaian acara Edukasi Bahasa dan Hukum bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional yang berlangsung selama 2 hari. Bpk. Halimi Hadibrata, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten juga resmi menutup acara ini di tanggal 13 April 2021 dengan mengucapkan kepada pihak-pihak yang berpartisipasi demi kesuksesan acara ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *