DOSEN PRODI SASTRA INGGRIS MELAKSANAKAN PENGABDIAN MASYRAKAT DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT KOLONG CIPUTAT DENGAN TEMA PENANAMAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL MELALUI CERITA RAKYAT

Oleh Tito Dimas Atmawijaya

Tangerang- Pada Hari Minggu 18 April, Dosen dari Prodi Sastra Inggris yaitu Sukma Septian Nasution, Tito Dimas Atmawijaya, Purwanti Taman, dan Tutut Sumartini bersama dengan sejumlah mahasiswa melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan yang dilakukan kali ini bertempat di Taman Bacaan Masyarakat (TBM)  Kolong Jembatan Ciputat. Dengan letaknya yang srategis, TBM  selalu dikunjungi oleh masyrakat, khususnya anak-anak berusia antara 6-14 tahun untuk menimba ilmu secara informal. Dalam kesempatan ini, tim PKM Prodi Sastra Inggris Unviersitas Pamulang menanamkan nilai pendidikan dan kearifan lokal melalui cerita rakyat.  Para peserta terdiri dari anak-anak yang berprofesi sebagai pemulung, pengamen, dan pedagang ini cukup rentan terhadap masalah-masalah sosial sehingga tema tersebut dipilih sebagai salah satu solusi masalah tersebut.

Kegiatan Pkm ini diawali dengan Para peserta diajak untuk menyimak berbagai cerita yang diperankan oleh mahasiswa dan menangkap intisari dari cerita-certia tersebut. Setelah mereka mendengarkan cerita, terdapat beraga hadiah agar para peserta semakin semangat mengikuti kegiatan ini. Para peserta juga tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Para dosen yang membimbing pun sigap memberikan berbagai arahan dan pesan moral agar mereka dapat menjadi pelajar yang berprestasi dan dapat menjadi kebanggan kedua orang tua mereka serta turut melestarikan cerita rakyat. Peserta yang sebagian besar dari kalangan menengah ke bawah ini tampak setuju dengan pesan yang disampaikan bapak dan ibu dosen. Selain itu, mereka juga berharap agar dapat memperoleh materi lainnya yang bermanfaat bagi mereka. Terakhir, para pengurus TBM Kolong Ciputat mengucapkan rasa terima kasih atas kerjasama antara tim Unpam dan pengurus dan berharap kunjungan lainnya di masa yang akan datang. (TDA)